• Beranda
  • Berita
  • DITJEN PPI TELAH MEMBUAT DOKUMEN TENTANG IDENTIFIKASI DAN PENGHITUNGAN AKSI MITIGASI PADA EVENT ASIAN GAMES 2018

DITJEN PPI TELAH MEMBUAT DOKUMEN TENTANG IDENTIFIKASI DAN PENGHITUNGAN AKSI MITIGASI PADA EVENT ASIAN GAMES 2018

DITJEN PPI TELAH MEMBUAT DOKUMEN TENTANG IDENTIFIKASI DAN PENGHITUNGAN AKSI MITIGASI PADA EVENT ASIAN GAMES 2018

novset21

Pada tanggal 22 November 2018 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Dirjen PPI, KLHK, bertempat di Ruang Rapat Seribu Wajah, Gedung Balaikota Pemprov DKI Jakarta melaksanakan acara sosialisasi pemaparan dokumen terkait perhitungan Aksi Mitigasi pada Even Asian Games 2018 yang lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari K/L terkait, OPD DKI Jakarta, OPD Sumatera Selatan, Pengelola GBK, INASGOC, pengelola hotel serta media masa. Pada acara pembukaan, disampaikan sambutan oleh Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, dan dibuka oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim.

Deputi Gubernur Prov. DKI Bid. TRLH, Bapak Oswar Mungkasa mengungkapkan bahwa ASIAN GAMES 2018 telah sukses dilaksanakan, dan banyak apresiasi baik dari dalam maupun luar negeri terhadap keberhasilan pencapaian Indonesia dalam perhelatan pesta olah raga se-Asia ini,

Tak di pungkiri acara ini menjadi perhatian dunia, pada saat dipersyaratkan bahwa kualitas udara di Jakarta harus baik, yang akan berpengaruh bagi para atlet. Berdasarkan pelaksanaan, maka menunjukkan selama Asian Games kondisi udara di Jakarta dalam kondisi bersih dan tidak membahayakan. Sehingga pengelolaan udara bersih di Jakarta dianggap berhasil pada saat event tersebut.

Aksi mitigasi perubahan iklim selama Asian Games tidak terlepas dari pelaksanaan Pergub DKI yang membentuk gugus tugas RAD GRK (Pergub 131/2012). Dengan adanya peraturan gubernur tersebut, pelaksanaan aksi mitigasi selama Asian Games menjadi terarah, ujarnya secara lugas.

novset22

Dalam sambutan Dirjen PPI KLHK, Bapak Ruandha Agung Sugardiman menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan identifikasi dan penghitungan penurunan emisi GRK mempunyai tantangan tersendiri dibandingkan dengan perhitungan penurunan emisi GRK tahunan yang dilakukan di tingkat nasional maupun tingkat provinsi.

Pengumpulan data aktivitas untuk rentang waktu yang sangat singkat selama 2 minggu, memerlukan waktu pengumpulan yang cepat. Dukungan instansi terkait dalam meluangkan waktu untuk mengumpulkan data dan menerima Tim KLHK sangat diapresiasi.

Beliau juga memaparkan berdasarkan identifikasi, terdapat tiga sumber utama dari emisi GRK yaitu dari Sektor Transportasi, Sektor Energi dan Sektor Limbah. Berdasarkan hasil penghitungan, total emisi GRK di 2 lokasi pelaksanaan Asian Games adalah sebesar 76.391 Ton CO2e.

Beberapa aksi mitigasi selama Asian Games diantaranya adalah penerapan ganjil-genap di beberapa jalan protokol di DKI Jakarta, pemasangan panel surya di gedung parkir Gelora Bung Karno dan di Jakabaring Sport City, pengelolaan sampah terpadu dan komposting di kawasan Gelora Bung Karno, penggunaan Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang dan pemasangan lampu LED di lokasi pertandingan.

Total penurunan emisi GRK dari aksi mitigasi tersebut di DKI Jakarta dan Kota Palembang adalah 1.348 Ton CO2e. Kegiatan Identifikasi dan penghitungan aksi mitigasi memberikan pengalaman untuk dapat direplikasi pada kegiatan-kegiatan besar lainnya di masa yang akan datang. Hasil identifikasi dan penghitungan sebaiknya dipublikasikan, sehingga dapat diketahui dan dipelajari oleh semua pihak yang membutuhkannya ungkapnya pada acara tersebut.

novset25

Sesi paparan, disampaikan presentasi dari tiga narasumber, yaitu Dr. Retno Gumilang Dewi (ITB), DLH Prov. DKI Jakarta dan DLHP Prov. Sumatera Selatan. Para ahli pun menjelaskan tentang berbagai aktifitas mitigasi yang terekor selama acara ASIAN GAMES ini berlangsung.

DOKUMENTASI IDENTIFIKASI DAN PENGHITUNGAN AKSI MITIGASI PADA EVENT ASIAN GAMES 2018 – bisa Di Download dengan Link di bawah ini

LINK DOWNLOAD

membagi informasi ini: