DAOPS MANGGALA AGNI KETAPANG KENALKAN DALKARHUTLA MELALUI KETAPANG EXPO

 

DAOPS MANGGALA AGNI KETAPANG KENALKAN DALKARHUTLA MELALUI KETAPANG EXPO

oktkalteng11

Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, selama 7 hari dari tanggal 2 s.d 8 November 2018 Daops Manggala Agni ketapang mengikuti kegiatan ketapang Expo yang diadakan di halaman pendopo Rumah Jabatan Bupati Ketapang Prov. Kalimantan Barat.

Selama tujuh hari manggala agni daops ketapang memperkenalkan berbagai hal terkait manggala agni dan dalkarhutla melalui stand Daops Ketapang, pengunjung dapat menemui berbagai hal dari tupoksi manggala agni, kegiatan inovasi dan contoh nyata kegiatan pengendalian karhutla yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat.

Beberapa hal yang dapat di jumpai di stand Daops ketapang adalah pengenalan tupoksi manggala agni, perlengkapan dan peralatan pemadaman. Menurut Rudi Windra, Kepala Daops MA Ketapang, banyak masyarakat yang masih belum mengenal manggala agni, dan berfikir manggala agni hanya sebatas pemadam kebakaran pada umumnya.

Selain tupoksi, kami juga mensosialisasikan peranan masyarakat dalam penanganan dalkarhutla, tak lupa alamat kantor Daops pun kami tampilkan di stand agar memudahkan masyarakat untuk melaporkan kejadian kebakaran atau berkoordinasi terkait dalkarhutla, lanjut Rudi.

oktkalteng12

Pada stand Manggala Agni Daops Ketapang diperkenalkan pula peralatan, proses pembuatan sampai dengan pemanfaatan asap cair sebagai upaya pencegahan karhutla.

Daops Ketapang merupakan Daops di Wilayah Regional Kalimantan yang sangan konsen dalam pengembangan asap cair/ cuka kayu sebagai upaya pencegahan karhutla dalam hal pengelolaan bahan bakar dan pemanfaatan limbah biomassa bekas tebangan pembukaan lahan masyarakat.

Dalam acara expo ini ditampilkan alat pyrolisator dan redistilator asap cair modern, jenis-jenis produk asap cair seperti hasil sulingan pertama. kedua dan ketiga (premium) dengan berbagai manfaat sehari-hari. Sebagai contoh pengaplikasian asap cair, dalam stand daops ketapang ditampilkan pula beberapa tanaman yang dipupuk menggunakan asap cair.

oktkalteng14

Dibidang inovasi, daops ketapang menampilkan alat semprot otomatis hasil modifikasi inovasi yang dapat digunakan pula sebagai pompa punggung.

Lebih lanjut Rudi Windra menuturkan bahwa ketapang expo ini merupakan kesempatan emas untuk wahana sosialisasi dan kampanye mengenai dalkarhutla kepada masyarakat

Setelah acara ini diharapkan jejaring informasi dan komunikasi antara manggala agni dengan masyarakat ketapang dapat lebih terbangun, tambah Rudi.

 

oktkalteng15

 

oktkalteng16

 

oktkalteng17

membagi informasi ini: