Semangat Penerapan Eco-Office di Lingkungan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera

 

Semangat Penerapan Eco-Office di Lingkungan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera

oktsum81

(Penerapan Eco Office pada pekarangan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera)

Penggunaan energi pada sektor perkantoran saat ini membutuhkan perhatian khusus, baik listrik maupun air, karena akanberdampak negatif terhadap lingkungan.

Setiap kantor sudah seharusnya peduli dengan dampak negatif terhadap lingkungan. Untuk itu perlu diterapkan Eco-Office di setiap kantor. Eco-Office merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mewujudkan kantor yang ramah lingkungan dengan terciptanya lingkungan kantor yang bersih dan nyaman.

Penerapan Eco-Office salah satunya bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai barometer percontohan dalam menunjang tupoksi seksi perubahan iklim, Balai PPIKHL Wilayah Sumatera telah menerapkan Eco-office.

Balai PPIKHL Wilayah Sumatera memiliki halaman kantor yang sangat luas. Halaman dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman, pada belakang kantor terdapat demplot persemaian serta lubang biopori.

Biopori sendiri bermanfaat untuk meningkatkan daya serap tanah terhadap air sehingga resiko terjadinya penggenangan air. Biopori juga merupakan bentuk penanganansampah organik yang dapat didaur ulang dan baik untuk kesehatan tanah.

oktsum82

(Lubang Biopori yang terdapat di Balai PPIKHL Wilayah Sumatera)

Para pegawai Balai PPIKHLWilayah Sumatera juga telah menerapkan pembawaan tumbler dan wadah makan. Para pegawai membawa bekal makan siang sendiri yang diharapkan mampu mengurangi sampah dan dapat digunakan berkali-kali.

Selain itu, dalam kegiatan administrasi perkantoran, baik dalam pembuatan laporan maupun surat menyurat, pegawai Balai PPIKHL Wilayah Sumatera menggunakan sistem kertas bolak balik.

oktsum83

(Seorang pegawai tengah menikmati bekal makan siang)

Hal ini bertujuan agar sampah yang ditimbulkan dari kertas dapat diminimalisir. Dengan diterapkannya eco office di Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, diharapkan ke depannya eksistensi Balai PPIKHL Wilayah Sumatera sebagai Centre of Excellentbagi instansi lain.

(Balai PPIKHL Wilayah Sumatera/Seksi PI/Dian Novayanti)

  

oktsum84

(Penanaman bunga dan buah pada pekarangan Balai PPIKHL Wilayah Sumatera)

membagi informasi ini: