Manggala Agni Daops Pekanbaru Pertahankan Riau Bebas Asap 2018

 

Manggala Agni Daops Pekanbaru Pertahankan Riau Bebas Asap 2018

oktsum61

(Kegiatan pembinaan MPA oleh Daops Pekanbaru)

Sebagai komitmen mewujudkan Provinsi Riau bebas asap tahun 2018, Manggala Agni Daops Pekanbaru lakukan berbagai upaya dalam pencegahan Karhutla, salah satunya melalui kegiatan pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Pembinaan MPA Daops Pekanbaru dilakukan di Kantor Desa Lubuk Sakat, Kabupaten Kampar, Kamis (11/10). Kegiatan ini diikuti oleh 30 personel MPA dari 5 Desa dalam wilayah Daops Pekanbaru yaitu: Desa Lubuk Sakat, Desa Kepau Jaya, Desa Buluh Nipis, Desa Pangkalan Serik dan Desa Pantai Raja.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan ini Kepala Desa Lubuk Sekat, Kapolsek Pemberhentian Raja, dan Danramil Siak Hulu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas personel MPA binaan, serta membina jejaring kerja dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Selama 2 hari peserta pembinaan dibekali pengetahuan tentang teknik patroli kebakaran hutan dan lahan berbasis smartphone, pembuatan peralatan pemadaman manual, serta teknik pemadaman dengan menggunakan peralatan manual.

oktsum62

(Ka Daops Pekanbaru, Edwin Putra tengah memberi materi kepada anggota MPA)

Edwin Putra selaku Kepala Daops Pekanbaru mengungkapkan bahwa saat ini beberapa wilayah di Provinsi Riau masih dilanda kebakaran hutan dan lahan, antar lain: wilayah Talang Jerinjing (Kabupaten Indragiri Hulu). Satgas Karhutla Riau sedang berupaya sekuat tenaga untuk memadamkan api baik melalui pemadaman darat, maupun pemadaman udara.

“Setiap operasi pemadaman tentu melibatkan semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat (MPA) sebagai pelaksana di tingkat tapak. Dengan peningkatan kualitas personel MPA, diharapkan kejadian karhutla di wilayah rawan Karhutla bisa ditekan dan diminimalisir” tandas Edwin.
(Gunawan, S.Kom/Daops Pekanbaru/Humas Balai PPIKHL Wil. Sumatera/Chaerul)

oktsum63

(Simulasi pemadaman Karhutla oleh anggota MPA)

membagi informasi ini: