• Beranda
  • Berita
  • ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM MELALUI PENINGKATAN KETAHANAN AIR DESA MAKAMENGGIT, KABUPATEN SUMBA TIMUR, NTT

ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM MELALUI PENINGKATAN KETAHANAN AIR DESA MAKAMENGGIT, KABUPATEN SUMBA TIMUR, NTT

ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM MELALUI PENINGKATAN KETAHANAN AIR

DESA MAKAMENGGIT, KABUPATEN SUMBA TIMUR, NTT

Waingapu, 19 September 2018

Perubahan iklim akibat meningkatnya suhu bumi menimbulkan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk ancaman terhadap ketersediaan air yang merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat dan mahluk hidup lain. Pemanasan global diyakini telah merubah pola presipitasi air hujan sehingga beberapa daerah menghadapi ancaman musim kemarau yang semakin panjang dan kering, sementara sebagian daerah lain menjadi semakin basah sehingga dapat menyebabkan terjadinya banjir dan longsor. Kondisi yang terjadi saat ini mengharuskan kita semua untuk menyiapkan diri terhadap ancaman yang dihadapi akibat berubahnya iklim bumi.

adapokto41

Pertemuan dengan Wakil Bupati Kabupaten Sumba Timur

Guna memperkuat kapasitas masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Bappeda Propinsi NTT yang didukung oleh GEF/UNDP telah melaksanakan program Strategic Planning and Action to Strengthen Climate Resilience of Rural Communities in Nusa Tenggara Timur Province (SPARC). Fokus kegiatan SPARC adalah penguatan ketahanan air, pangan dan keragaman mata pencaharian masyarat desa yang lebih tidak sensitif terhadap perubahan iklim. Dua belas desa di Kabupaten Sumba Timur telah mengikuti kegiatan percontohan program SPARC yang dimulai secara bertahap sejak tahun 2015. Sesuai dengan fokus program SPARC, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah penguatan ketahanan air melalui pembangunan sarana air bersih dengan menggunakan pompa bertenaga surya di Desa Makamenggit, Kabupaten Sumba Timur.

Dr. Ruandha Agung Sugardiman, MSc., selaku Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumba Timur pada tanggal 19 September 2018 sekaligus meresmikan air bersih di Desa Makamenggit. Kunjungan kerja diawali pertemuan dengan Umbu Lili Pek, sebagai Wakil Bupati Kabupaten Sumba Timur. Disampaikan dalam kesempatan tersebut bahwa kehadiran program SPARC di Sumba Timur telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini mendapat apresiasi secara khusus dan harapan agar program sejenis dapat kembali hadir di tanah Sumba Timur. Selain itu didiskusikan juga strategi kerbelanjutan program SPARC yaitu melalui pelibatan penuh dan partisipasi aktif Organisasi Pemerintah Daerah terkait di tingkat kabupaten serta dukungan lembaga keuangan lokal.

adapokto42

Kunjungan Kerja Dirjen PPI ke Desa Makamenggit, Sumba Timur.

Desa Makamenggit sebagai salah satu desa percontohan SPARC menjadi model penguatan ketahanan air melalui pembangunan infrastruktur air bersih bertenaga surya yang mendapat dukungan dana CSR Bank Pembangunan Daerah NTT serta pelibatan aktif masyarakat desa yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat PROKLIM. Dirjen PPI-KLHK bersama-sama dengan Wakil Bupati Sumba Timur, Sekda, Sekretaris Bappeda, OPD terkait dan Perangkat Pemerintahan Desa meresmikan pemanfaatan infrastruktur air tersebut, yang disambut dengan antusias oleh warga masyarakat setempat karena memberikan manfaat langsung kepada lebih dari 450 kepala keluarga di lokasi setempat.

“Tadinya kami harus menempuh jarak 6-7 Km untuk mendapatkan air bersih. Namun kini setelah adanya program SPARC, air telah berada dekat dengan kami. Air bersih pun tidak sulit kami dapatkan. Seperti apa yang kami sampaikan melalui film pendek, Matahari Muncul airpun mengalir”, kata kepala Desa Makamenggit dalam sambutan peresmian air bersih

“Kami berharap aset-aset ini dijaga dengan baik dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat desa Makamenggit. Kesulitan akses air bersih di masa lalu hendaknya dijadikan pembelajaran untuk dapat sama-sama menjaga keberadaan aset air yang kini telah dibangun di Desa Makamenggit. Semoga melalui bantuan ini dapat memberikan manfaat dan faedah bagi kehidupan bersama”, kata Ruandha Agung Sugardiman

Informasi lebih lanjut:

Direktur Adaptasi Perubahan Iklim

Ditjen. Pengendalian Perubahan Iklim

Blok 4, Lantai 6, Manggala Wanabakti

Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta

Tlp/Fax: 021-5747054

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

membagi informasi ini: