• Beranda
  • Berita
  • BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN KENALKAN PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DI ACARA PERTIKAWAN REGIONAL KALIMANTAN

BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN KENALKAN PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DI ACARA PERTIKAWAN REGIONAL KALIMANTAN

BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN KENALKAN PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DI ACARA PERTIKAWAN REGIONAL KALIMANTAN

oktkal11

            Balikpapan, dimulai tanggal 9 s.d 12 Oktober 2018 Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan berpartisipasi dalam acara Perkemahan Bhakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (PERTIKAWAN) Regional Kalimantan yang dilaksanakan di Pantai Lamanru Kota Balikpapan Prov. Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 500 peserta perwakilan pramuka SMA/SMK dari 5 provinsi di wilayah regional kalimantan dan 200 pembina/ tamu undangan diantaranya Direktur PDASHL yang mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Setda Prov. Kalimantan Timur, Wakil Walikota Balikpapan, Kwartir Nasional dan segenap UPT KLHK Wilayah Regiona Kalimantan.    

            Dalam acara yang diisi dengan berbagai kegiatan giat lingkungan dan kehutanan tersebut Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan turut berpartisipasi dengan membuka stand pameran PPI dan Karhutla serta memberikan materi terkait pengendalian perubahan iklim dan karhutla, serta bantuan sarana prasarana kegiatan. Dalam rangka pengenalan peralatan pengendalian karhutla, stand Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan menyiapkan permainan menjatuhkan botol dengan bantuan jet shooter atau pompa punggung, dimana permainan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

oktkal12

 

            Kegiatan PERTIKAWAN ini juga dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi serta pengubahan pola pikir generasi muda mengenai pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan. Terkait pengendalian perubahan iklim, pada tanggal 10 Oktober disampaikan materi tentang hemat energi dan prakek pembuatan lubang biopori oleh Bambang Supriyadi (Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan) dan Ibu Latifah (Detara Foundation Bogor).

oktkal13

            Materi mengenai Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) dan praktek pembuatan cuka kayu sebagai salah satu bentuk PLTB turut disampaikan oleh Johny Santoso S,Hut,M.Agr (Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan) dan Rudi Windra (Kadaops Ketapang, Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan) sebagai bentuk pembelajaran mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan (10 oktober 2018).

            Johny Santoso yang ditemui di sela-sela kegiatan menuturkan bahwa dengan pemberian materi mengenai Pengendalian perubahan Iklim dan Dalkarhutla di PERTIKAWAN Regional Kalimantan ini kita dapat membetuk pola pikir generasi muda dan mempercayakan mereka untuk menjadi "Agent of Change" terhadap Pengendalian perubahan Iklim dan dalkarhutla. (Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan)

           

           

membagi informasi ini: