• Beranda
  • Berita
  • Tak Kenal Lelah, Manggala Agni Daops Muara Tebo Padamkan Karhutla Hingga Dini Hari

Tak Kenal Lelah, Manggala Agni Daops Muara Tebo Padamkan Karhutla Hingga Dini Hari

 

Tak Kenal Lelah, Manggala Agni Daops Muara Tebo Padamkan Karhutla Hingga Dini Hari

sepsum181

(Karhutla di areal bandara Muara Bungo, hingga malam hari, api belum dapat dipadamkan)

Bungo, Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Kabupaten Bungo, tepatnya melanda Bandar Udara Muara Bungo, Selasa (18/09). Laporan pertama kali diterima melalui laporan pihak keamanan bandara kepada posko induk satgas Karhutla Kabupaten Bungo Selasa Siang.

Satgas Karhutla terdiri dari Manggala Agni Daops Muara Tebo, BPBD, TNI, Polri dan Pemadam Kebakaran yang berjumlah 100-an personel segera diterjunkan untuk menangani kebakaran dan memastikan asap tidak mengganggu penerbangan.

Pemadaman dilakukan dengan menggunakan peralatan mekanis dan manual. Areal terbakar merupakan lahan masyarakat dan juga areal Bandar Udara Muara Bungo. Luas areal terbakar diperkirakan mencapai 24 Hektar dengan vegetasi berupa belukar dan tanaman Akasia.

sepsum182

(Petugas tengah berjibaku memadamkan api)



Kondisi lahan kering menyebabkan kobaran api sulit untuk ditaklukkan. Besarnya kobaran api dan luasnya lahan terbakar tak membuat surut personel untuk memadamkan si jago merah. Pemadaman berlangsung selama 12 jam dan berakhir pada Rabu dinihari pukul 02.30 WIB.

Rabu pagi, anggota Manggala Agni melakukan penyisiran di areal terbakar untuk memastikan api telah padam total. Kebakaran ini juga menyebabkan kabut asap di sekitar bandara, namun tidak mengganggu aktivitas penerbangan di bandara tersebut.

(Daops Tebo/Humas Balai PPIKHL Wilayah Sumatera/Chaerul)

sepsum183

(Kiri: Apel setelah pemadaman. Kanan: Bekas areal terbakar di bandara Muara Bungo)

membagi informasi ini: