• Beranda
  • Berita
  • Kegiatan Kepramukaan Sebagai Bagian dari Program Kelompok Siswa Peduli Iklim di Daops Manggala Agni Bukit Tempurung

Kegiatan Kepramukaan Sebagai Bagian dari Program Kelompok Siswa Peduli Iklim di Daops Manggala Agni Bukit Tempurung

 

Kegiatan Kepramukaan Sebagai Bagian dari Program Kelompok Siswa Peduli Iklim di Daops Manggala Agni Bukit Tempurung

sepsum171

Bertempat di markas Daops Manggala Agni Bukit Tempurung, perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Ambalan SMKN 4 Kab. Tanjung Jabung Timur diadakan, (22-23/09). Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Daops Bukit Tempurung dan SMKN 4 Kab. Tanjung Jabung Timur dimana sekolah ini merupakan binaan Daops Bukit Tempurung dalam program Kelompok Siswa Peduli Iklim (KSPI) yang sudah berjalan sejak tahun 2017.

sepsum172

Pemberian materi di markas Daops Bukit Tempurung

Tidak hanya pengetahuan tentang kepramukaan yang diajarkan dalam kegiatan ini melainkan juga materi mengenai pengendalian perubahan iklim serta kebakaran hutan dan lahan. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada para siswa sehingga mempunyai kepedulian serta tanggung jawab dalam menjaga lingkungannya.

Antusiasme dari para siswa dalam mengikuti kegiatan ini menjadikan anggota daops Bukit Tempurung dan pembina sekolah lebih serius dalam memberikan pengetahuan terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan dan upaya pelestarian lingkungan.

 

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah apel kegiatan, pentas seni, api unggun, senam bersama,hiking hingga aral rintang.

Di Markas Daops Bukit Tempurung tersedia Lahan yang cukup luas untuk dijadikan tempat latihan dan pendidikan pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan. Kami sudah memulai kegiatan ini dengan pemberian pengetahuan dini kepada siswa-siswi sekolah disekitar wilayah Markas Daops Bukit Tempurung melalui program yang kami sebut Kelompok Siswa Peduli Iklim (KSPI). Saat ini di markas Daops Bukit Tempurng sudah tersedia aula, demplot dua derajat dan taman proklim untuk menunjang kegiatan tersebut”, Ujar Rinaldi, SP., Kadaops Bukit Tempurung. (Daops BTP/Deki)

sepsum174

Salah satu pelaksanaan kegiatan lapang

membagi informasi ini: