• Beranda
  • Berita
  • Manggala Agni Daops Bukit Tempurung Laksanakan Pelatihan Teknis MPA Di Desa Sungai Penoban

Manggala Agni Daops Bukit Tempurung Laksanakan Pelatihan Teknis MPA Di Desa Sungai Penoban

 

Manggala Agni Daops Bukit Tempurung Laksanakan Pelatihan Teknis MPA Di Desa Sungai Penoban

sepsum161

Dinas Kehutanan Provinsi Jambi bekerja sama dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan yang dalam hal ini adalah Manggala Agni Daops Bukit Tempurung serta KPHP Tanjung Jabung Barat mengadakan Pelatihan Teknis bagi Masyarakat Peduli Api (MPA), Jumat (14/09). Dilaksanakan di kantor desa setempat, pelatihan tersebut ditujukan bagi warga Desa Sungai Penoban Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Desa Sungai Penoban terletak di perbatasan Provinsi Riau yang berjarak kurang lebih 170 km dari markas Daops Bukit Tempurung. Seringnya kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah ini serta jauhnya jarak tempuh dari markas Daops Bukit Tempurung menjadi bahan pertimbangan untuk segera dibentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa ini.

sepsum162

Penyampaian materi oleh Kadaops Bukit Tempurung, Rinaldi, SP

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari. Peserta diberikan materi terkait pengendalian perubahan iklim, kelembagaan MPA, dinamika kelompok, dan pengetahuan terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan oleh narasumber dari Manggala Agni Daops Bukit Tempurung dan KPHP Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

sepsum163

Suasana pelatihan di kantor Desa Sungai Penoban

Materi teknis diberikan oleh anggota regu Manggala Agni Daops Bukit Tempurung meliputi : dasar-dasar kebakaran Hutan, peringatan dini, deteksi dan pemadaman dini, pengenalan alat pemadam kebakaran hutan dan lahan dan diakhiri dengan materi teknik-teknik pemadaman

“Dengan dibentuknya MPA ini dapat menambah kader-kader pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak khususnya dibidang pengendalian kebakaran hutan dan Lahan sehingga tercipta lingkungan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan akan datang”, ungkap Kepala Daops Bukit Tempurung, Ridaldi, SP. (Daops BTP/Deki)

membagi informasi ini: