Penyiapan Panduan Metodologi Penghitungan Reduksi Emisi GRK

 

Penyiapan Panduan Metodologi Penghitungan Reduksi Emisi GRK

 

sepigrk31Jakarta, Rabu 19 September 2018. Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi (IGRK dan MPV) DR. Joko Prihatno memimpin Pertemuan Penyiapan Panduan Metodologi Penghitungan Reduksi Emisi GRK di Hotel Crowne Plaza Jakarta pada Rabu 19 September 2018 yang dihadiri para pakar pengendalian iklim sektor lahan dan non lahan. Pertemuan panel metodologi ini merupakan kelanjutan dari dua pembahasan sebelumnya di mana pada pembahasan pertama telah disusun mekanisme kerja Tim Panel dan pembahasan kedua telah dilakukan identifikasi serta pengkajian beberapa metodologi perhitugan reduksi emisi GRK dari setiap sektor.

 

 

sepigrk32Urgensi penyusunan panduan ini adalah bagi para mitra, peneliti, dan institusi penyelenggara penghitungan penurunan emisi. Oleh karena itu dalam penyusunan metodologi ini perlu mempertimbangkan perhitungan dari beberapa sektor seperti sektor kehutanan, pertanian, energi dan limbah yang telah membuat metode penurunan emisi seperti pada industri semen, pupuk dan sektor lainnya. Disamping itu perlu mendengar dan mensinkronkan dengan metodologi yang dipakai oleh sektor dan justifikasi ilmiah dari para pakar.

Dasar perhitungan penurunan emisi pada dasarnya sama dengan metodologi dalam inventarisasi GRK dan sudah banyak publikasinya. Namun perlu ditambahkan parameter baseline dan penetapannya untuk perhitungan penurunan emisi. Metode perhitungan emisi GRK yang digunakan selama ini pun sudah mengacu pada IPCC Guideline.

Panduan Metodologi Perhitungan Reduksi Emisi GRK yang akan dibuat ini sejalan dengan Pedoman Penentuan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim yang disiapkan oleh Direktorat Mitigasi baik nomenklatur aksi mitigasi maupun komponen aksi mitigasi sehingga konsisten dengan target capaian penurunan emisi dari NDC.

sepigrk33

 

Dari kegiatan ini akan dikumpulkan semua metodologi perhitungan penurunan emisi GRK dari 5 sektor, untuk dikompilasi dan disusun menjadi tabel pedoman penggunaan metodologi penurunan emisi GRK dari Aksi Mitigasi yang memuat keterangansektor, jenis aksi mitigasi berdasarkan kelompok aksi yang telah diidentifikasi, komponen aksi, baseline dan metodologi penetapannya, jenis data aktivitas, faktor emisi, metode perhitungan penurunan emisi, sertareferensi metodologi.

Adanya panduan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para penanggung jawab aksi dalam pengembangan bentuk aksi-aksi baru, penyusunan metodologi penghitungan reduksi emisi atau peningkatan serapan GRK dalam kerangka verifikasi pernyataan capaian aksi mitigasi pada sektor energi, industri, limbah, pertanian dan kehutanan.

membagi informasi ini: