Manggala Agni Daops Rengat Padamkan Karhutla di Dua Kabupaten Provinsi Riau

 

Manggala Agni Daops Rengat Padamkan Karhutla di Dua Kabupaten Provinsi Riau

sepsum141

(satgas karhutla sedang berupaya memadamkan Karhutla di Kab. Indragiri Hilir)

Fenomena El-Nino kembali melanda Indonesia, ditandai dengan musim kemarau yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Riau. Kondisi ini menyebabkan wilayah Provinsi Riau menjadi sangat rawan terjadi Karhutla.

Berdasarkan laporan tim patroli terpadu Desa Pekan Tua, Kabupaten Indragiri Hilir, telah terjadi Karhutla di Desa Pulau Tigo pada Rabu (26/09). Kondisi lokasi yang kering menyebabkan api sangat cepat merambat dan meluas hingga menjalar ke Desa Sui Rabit dan Desa Tanjung Sari, Kab. Indragiri Hulu.

Satgas darat Karhutla terdiri dari Manggala Agni Daops Rengat, TNI, Polres Indragiri Hulu, dan pihak pemerintah setempat segera diturunkan untuk menangani kebakaran yang sudah meluas dan diperkirakan mencapai 30 Hektar.

Areal terbakar merupakan semak belukar dengan jenis tanah bergambut. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi personel di lapangan. Peralatan yang digunakan dalam pemadaman ini terdiri dari peralatan mekanis berupa mesin ministriker dan mark 3.

sepsum142

(personel berusaha menjangkau areal terbakar)

Pemadaman masih berlangsung hingga saat ini dikarenakan api tersebar dibeberapa titik dengan luasan bervariasi. Tim terus melakukan upaya melakukan pemadaman di kepala api dan melakukan penyekatan penjalaran api agar tidak menjalar ke areal yang belum terbakar.

Memasuki akhir September, Daops Rengat tetap siaga dalam pengendalian Karhutla di 4 Kabupaten Provinsi Riau yakni Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Senggigi.
(Humas Daops Rengat/Humas Balai PPIKHL Wil. Sumatera/Chaerul)

sepsum143

(Persiapan personel sbelum pemadaman)

membagi informasi ini: