• Beranda
  • Berita
  • Verifikasi Proklim Berlanjut, Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Laksanakan Trip Ke-Dua

Verifikasi Proklim Berlanjut, Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Laksanakan Trip Ke-Dua

 

Verifikasi Proklim Berlanjut, Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Laksanakan Trip Ke-Dua

sepsum31

Program Kampung Iklim yang selanjutnya disebut Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Verifikasi merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kampung Iklim setelah tiga tahapan sebelumnya yaitu sosialisasi/pembinaan Proklim, pengembangan Proklim, dan usulan Proklim. Tujuan diadakannya verifikasi program kampung iklim adalah untuk memeriksa kesesuaian data dan infomasi pada usulan proklim yang telah dikirim oleh pengusul lokasi kampung iklim.

sepsum32

Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai apotik hidup

Verifikasi Proklim oleh Balai PPIKHL Wilayah Sumatera berlanjut pada tahap/trip kedua. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari verifikasi Proklim trip pertama yang dilaksanakan pada 24 – 29 Juli di 11 lokasi, tersebar di tiga provinsi yakni: Bengkulu, Jambi, dan Riau.

Trip kedua kali ini dilaksanakan pada 13-17 Agustus 2018 di 10 (sepuluh) lokasi, 8 (delapan) lokasi di Provinsi Riau dan 2 (dua) lokasi di Provinsi Sumatera Selatan. Tim verifikator dari Balai PPIKHL Wilayah Sumatera diantaranya adalah Syamsuddin, SP, Heri Mulyono, Teguh Imansyah, Erwin Meirifansyah, Patris Lumumba, A.Md, Dian Novayanti, S.Hut, dan Sandy Prabowo, S.Hut.

sepsum33

Pengolahan limbah ternak

Hasil dari verifikasi tersebut adalah data penilaian yang dikirimkan kepada dewan teknis dan dewan pengarah di Jakarta untuk selanjutnya diambil penilaian kesepakatan lebih lanjut. Proklim dengan nilai diatas 81% akan ditetapkan sebagai Proklim utama dan mendapatkan sertifikat. Selain predikat sebagai Proklim Utama dan sertifikat lokasi proklim juga akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghargaan sesuai kesepakatan dari Dewan Teknis dan Dewan Pengarah. Proklim Utama dapat menjadi Proklim Lestari dengan syarat membina minimal 10 lokasi lainnya.

sepsum34

Pelaksanaan verifikasi proklim juga melibatkan instansi lain terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota. (Balai PPIKHL Wil. Sumatera/Deki).

membagi informasi ini: