Manggala Agni Padamkan Karhutla di Sekitar Ojek Wisata Sipiso-piso

 

Manggala Agni Padamkan Karhutla di Sekitar Ojek Wisata Sipiso-piso

sepsum21

Petugas berusaha memadamkan kobaran api

Karo.Kawasan hutan di sekitar objek wisata sipiso-piso, Kecamatan Merek, Kab. Karo mengalami kebakaran hutan, minggu (26/08) sekitar pukul 20.15 WIB. Luas kebakaran yang melahap habis hutan daerah tangkapan air Danau Toba ini diperkirakan seluas 100 hektar lebih.

Mendapat laporan, satu Regu Manggala Agni Daops Sibolangit diturunkan ke lokasi Karhutla untuk melakukan pemadaman. Regu Manggala Agni mendapat kendala dengan sulitnya akses ke lokasi dikarenakan areal sangat terjal dan hembusan angin yang kencang menyebabkan kobaran api tak terbendung. Kebakaran terus berlangsung hingga Senin (27/08) sore.

Dikarenakan kondisi api yang terus membesar, personel bantuan dari Polsek Seibu Dolok, Polsek Tigapanah, Koramil 13/Seribudolok, Koramil Tigapanah dan Manggala Agni Daops Siantar diturunkan untuk membantu penanganan kebakaran. Pemadaman terus dilakukan hingga malam hari.

Kapolsek Tigapanah AKP B Manurung menjelaskan praduga awal kebakaran disebabkan puntung rokok yang dibuang pelintas jalan jurusan Karo – Simalungun ke semak-semak kaki gunung Sipiso-piso, tepatnya di Dusun Opoan, Sinar Naga Mariah. Kondisi semak kering menyebabkan api mudah menjalar dan cepat membesar.

sepsum22
Areal terbakar merupakan areal terjal dan berbatu

Kepala Desa Sinar Naga Mariah yang mengetahui kejadian tersebut, langsung melaporkan kepada aparat penegak hukum wilayah Simalungun. Laporan tersebut segera diterukan kepada satgas Kahutla untuk melakukan pemadaman.

“Kebakaran menghanguskan areal hutan pinus dan semak belukar di sekitar Gunung Sipiso-piso. Areal kebakaran jauh dari lahan dan pemukiman masyarakat”. Ujar AKP B Manurung. (Humas Balai PPIKHL Wil Sumatera/Chaerul)

sepsum23

Personel Manggala Agni terus berupaya memadamkan sisa api

membagi informasi ini: