LOMBA DESAIN POSTER INFOGRAFIS PERINGATAN HARI OZON SEDUNIA TAHUN 2018

 

 

LOMBA DESAIN POSTER INFOGRAFIS

PERINGATAN HARI OZON SEDUNIA TAHUN 2018

“Lapisan Ozon Melindungi Bumi Pertiwi Indonesia”

 

Silahkan Download Link Berikut

 

opis                                                 opis

Formulir Desain Infografis                                                   Tata Cara dan Peraturan Lomba

 

qr

 

pubozon

 


 

Perlindungan Lapisan Ozon Stratosfer

Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen (O3). Ozon ditemukan berada pada lapisan stratosfer di ketinggian 10 sampai 50 kilometer di atas permukaan bumi dengan kelimpahan sebanyak 90%. Ozon yang terdapat di lapisan stratosfer terkonsentrasi membentuk lapisan ozon yang berfungsi sebagai filter radiasi sinar UV-B yang dapat memberikan dampak buruk bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Lapisan Ozon” merupakan suatu lapisan di atas bumi kita yang mempunyai fungsi penting dalam menjaga berbagai aspek kehidupan di bumi. Tanpa lapisan ozon, kasus katarak mata, kanker kulit dan dampak negatif lainnya akan meningkat akibat dari radiasi sinar Ultra Violet-B matahari tidak tertapis sehingga dapat mencapai permukaan bumi. Penipisan lapisan ozon terjadi ketika ada gangguan terhadap keseimbangan alamiah antara pembentukan dan penguraian ozon di stratosfer akibat terlepasanya Bahan Perusak Ozon (BPO) ke atmosfer. BPO merupakan bahan kimia yang mengandung klorin dan bromin yang dapat mengurai ikatan ozon menjadi oksigen sehingga lapisan ozon menipis.

BPO dapat ditemukan secara mudah di pasar karena merupakan bahan kimia yang banyak digunakan dalam proses produksi berbagai barang yang digunakan oleh masyarakat secara luas, antara lain sebagai bahan pengembang kasur busa, sol sepatu dan aksesoris kendaraan; bahan pendingin untuk produk lemari es, AC, show case dan cold storage; pemadam api; bahan pendorong untuk spray pengharum ruangan serta bahan pembersih industri.

Dengan meningkatnya penggunaan BPO maka semakin banyak BPO yang terlepas ke atmosfir sehingga kerusakan lapisan ozon akan semakin parah. Apabila penggunaan dan pelepasan BPO ke atmosfir tidak dikendalikan maka kerusakan lapisan ozon yang sudah terjadi saat ini akan semakin meningkat.          

Untuk mendukung upaya peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pelaksanaan program perlindungan lapisan ozon di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melaksanakan lomba design infografis dalam rangka Hari Ozon Sedunia 2018. Lomba ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan masyarakat dalam memahami permasalahan yang timbul akibat kerusakan lapisan ozon stratosfer sehingga masyarakat terdorong untuk berpartisipasi aktif melindungi lapisan ozon stratosfer melalui penggunaan Bahan Ramah Ozon (BRO).

Untuk informasi mengenai lapisan ozon stratosfer dan upaya yang dilakukan dapat mengakses informasi di:

https://ozone.unep.org/faq

https://www.ozoneheroes.org/

http://www.theozonehole.com/

http://web.unep.org/ozonaction/news/2018-international-day-preservation-ozone-layer

membagi informasi ini: