Manggala Agni Garda Terdepan Pemadaman Kebakaran Lahan di Sumatera Selatan

 

Manggala Agni Garda Terdepan Pemadaman Kebakaran Lahan di Sumatera Selatan

 

aguspkhl51Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 21 Agustus 2018. Pengamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang dari ancaman asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus dilakukan. Satuan Tugas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan, dimana Manggala Agni KLHK menjadi bagian didalamnya membentuk Posko lapangan pengamanan Jakabaring di beberapa titik di sekitar area dimana Asian Games 2018 sedang diselenggarakan.

Posko lapangan itu dibentuk untuk mendukung posko patroli terpadu yang ada di desa-desa rawan sekitar area Jakabaring. Posko ini diperkuat pasukan reaksi cepat untuk mengantisipasi apabila ditemukan kejadian kebakaran. Posko 1 berada di Kecamatan Pegayut dengan kekuatan dua regu Manggala Agni, satu regu berasal dari Daops Banyuasin dan satu regu BKO dari daops Lahat. Posko 2 berada di Muara Belida yang sekaligus memperkuat dua posko patroli terpadu di lokasi tersebut.

aguspkhl52

Posko lapangan 1 Kecamatan Pegayut melakukan pemadaman di Desa Ibul atas informasi dari tim patroli terpadu. Posisi Desa Ibul di samping jalaan utama menuju Jakabaring yang dikhawatirkan asap mengarah ke area Jakabaring. Pemadaman di darat yang dilakukan Satgas darat dibantu oleh Satgas udara melakukan water bombing.

“Dalam penanganan karhutla, tidak hanya melalui darat namun penanganan dari udara juga dilakukan. Pesawat Heli KLHK melakukan fly over melalui patroli udara untuk memantau wilayah-wilayah rawan di sekitar Jabaring,” terang Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan.

Raffles menambahkan bahwa saat ini Heli KLHK melakukan patroli udara di wilayah Rantau Bayur Banyuasin-Sungai Rotan Muara Enim-PALI-Sungai Lilin Musi Banyuasin, Kawasan Suaka Margasatwa Dangku, Pulau Rimau Banyuasin -Palembang. Dari patroli udara masih terlihat beberapa spot kebakaran di wilayah Rantau Bayur, Sungai Lilin dan Pulau Rimau. Lokasi- lokasi ini menjadi prioritas penanganan karena dikhawatirkan dampak asapnya mengarah ke palembang dan area Jakabaring.

Informasi hasil patroli udara segera ditindaklanjuti tim darat dengan pemadaman di Rantau Bayur, Desa Ibul dan Prajen dengan dukungan Satgas Udara melalui water bombing. Untuk pemadaman di Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin ditangani oleh Satgas Kabupaten Musi Banyuasin yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, dan BPBD.

Untuk wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, pemadaman terus dilakukan oleh Satgas darat. Pemadaman dilakukan secara gabungan antara Manggala Agni dengan TNI, Polri, daan BPBD. Sinergi dan kerjasama yang kuat menjadi kekuatan di tingkat tapak dalam penanganan karhutla di lapangan.

Manggala Agni bersama tim patroli terpadu juga terus melakukan patroli siang dan malam untuk mengamankan setiap titik rawan kebakaran hutan dan lahan. Tim patroli terpadu sebagai garda terdepan dalam memetakan dan menangani karhutla terus bergerak dan segera melakukan penanggulangan dini karhutla, serta selanjutnya melaporkan setiap kejadian kebakaran untuk penanganan lebih lanjut.

Pengamanan area Asian Games 2018 yang intensif dan sinergis ini membuahkan hasil positif. Sampai dengan saat ini kondisi Jakabaring bebas dari asap karhutla. Patroli terpadu dengan 50 posko desa yang beranggotakan Manggala Agni, TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) secara intensif terus melakukan pendekatan ke masyarakat, sosialisasi, dan juga deteksi dini. Kegiatan patroli terpadu ini menjadi pintu masuk setiap informasi kondisi di lapangan, sekaligus menjadi tim terdepan dalam penanggulangan secara dini.

aguspkhl53

aguspkhl54

aguspkhl55

membagi informasi ini: