• Beranda
  • Berita
  • PATROLI BERSAMA SATGAS KARHUTLA SAROLANGUN BALAI PPI & KARHUTLA WILAYAH SUMATERA

PATROLI BERSAMA SATGAS KARHUTLA SAROLANGUN BALAI PPI & KARHUTLA WILAYAH SUMATERA

 

PATROLI BERSAMA SATGAS KARHUTLA SAROLANGUN

BALAI PPI & KARHUTLA WILAYAH SUMATERA

agussum61

Grouncheck Hotspot merupakan salah satu kegiatan rutin Satgas Karhutla Kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi, hari ini tim mendapat tugas melakukan Patroli dan Groundcheck Hotpot dibeberapa titik koordinat yang berbeda, sebelum melaksanakan kegiatan ketua Regu yang di pimpin oleh TNI memberikan arahan kepada anggota untuk selalu berhati- hati mengutamakan keselamatan dan selalu menjaga kekompakan saat dilapangan, Tim satgas Karhutla Kabupaten Sarolangun propinsi Jambi terdiri dari beberapa unsur terdiri dari TNI, Polri, BPBD, KPHP dan OPD Lainnya.

agussum62setiba di loksi tim patroli/grouncheck lapangan menemukan areal bekas terbakar, tim segera mengecek fisik areal dengan teliti memeriksa sisa bahan bakar, setelah dilihat secara keseluruhan ditemukan terdapat bara api kebakaran hutan dan lahan yang tetutup di bagian bawah bongkahan kayu, tindakan selanjutnya tim melakukan pemadaman (Mop Up) secara manual dengan mengunakan peralatan tangan. areal terbakar di perkirakan estimasi luas hampir mencapai 5 ha. keputusan tim melakukan GC di 7 titik Hs yang ada di Sarolangun, dan 1 di Kabupaten Merangin adalah keputusan yang cepat dan tepat, mengingat kondisi cuaca saat ini yang telah berjalan pada musim kemarau.

Informasi Titik Hotspot ini tersebut terpantau dari Software Lapan Fire Hotspot menunjukan ada 8 titik Hotspot yang terdapat di Wilayah Kerja Manggala Agni KLHK Sarolangun, 7 di Kabupaten Sarolangun dan 1 di Lintas Kabupaten yaitu Kabupaten Merangin antara lain; 4 Hotspot Kecamatan Mandiangin Kab. Sarolangun, 1 HS Kecamatan Sarolangun Kab Sarolangun, 1 HS Kecamatan Cermin Nan Gedang Kab. Sarolangun, dan 1 HS Kecamatan Muara Siau Kab. Merangin.

Sudah merupakan tugas kita untuk melakukan Groundcheck dimanapun titik Hotspot itu berada, ada beberapa titik hotspot tidak bisa terjangkau oleh anggota yang dalam artian memakan waktu dan tenaga pasti akan terkuras habis karena begitu sulitnya akses jalan dan jarak tempuh yang terlalu jauh, “Kita harus tepat dalam mengambil keputusan dan strategi apa yang harus dilakukan sehingga informasi hotspot tersebut dapat segera diketahui kondisi sebenarnya dan apabila benar terjadi kebakaran hutan dan lahan di titik hospot dimaksud agar segera di ambil langkah- langkah penanganan untuk ditindak lanjuti sehingga areal kebakaran tidak menjadi luas” ujar Hakim Kadaops Sarolangun,

keputusan tim melakukan GC di 7 titik Hs yang ada di Sarolangun, dan 1 di Kabupaten Merangin adalah keputusan yang cepat dan tepat, mengingat kondisi cuaca saat ini musim kemarau.

Pesan saya untuk rekan-rekan semua, jaga fisik, kesehatan dan hati-hati dalam menjalankan tugas, karena kita semua ditunggu oleh keluarga dirumah. dan yang lebih terpenting jaga selalu kekompakan kita bersama tim Satgas Karhutla Kabupaten Sarolangun. Ucap Kadaops Galaag KLHK Sarolangun Bapak Muhamad Hakim. (Fauzan / Daops Sarolangun)

agussum63

membagi informasi ini: