• Beranda
  • Berita
  • Panglima TNI Pimpin Apel Komando Operasi Karhutla dalam Rangka Asian Games 2018

Panglima TNI Pimpin Apel Komando Operasi Karhutla dalam Rangka Asian Games 2018

 

Panglima TNI Pimpin Apel Komando Operasi Karhutla dalam Rangka Asian Games 2018

agussum41
Panglima TNI Mengecek kesiapsiagaan Manggala Agni dalam mengamankan Asian Games

Palembang -Menjelang Asian Games tahun 2018, Satgas Karhutla melaksanakan Apel Operasi Karhutla di Griya Agung Palembang, Jumat (3/08). Apel ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjhajanto.

Apel Operasi Karhutla bertujuan untuk memulai pengamanan Asian Games 2018 dari Karhutla, mengingat pembukaan perhelatan akbar ini tinggal menghitung hari. Apel ini diikuti oleh sekitar 1.500 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, BNPB, RPK perusahaan, serta dinas terkait.

Asian Games kali ini bukan hanya untuk menjadi pemenang, tapi bagaimana caranya untuk dapat mengamankan dari hambatan dan ancaman asap Karhutla” ungkap Hadi.

Untuk itu dia mengimbau kepada seluruh elemen bangsa untuk memitigasi terjadinya Karhutla. Mantan KASAU ini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen yang begabung dalam operasi Karhutla 2018.

Selanjutnya, Panglima TNI bersama Kapolri Tito Karnavian, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Direktur PKHL Raffles B. Panjaitan, meninjau langsung perlengkapan dan kesiapsiagaan personel Manggala Agni di lapangan.

agussum42
Ka Daops Banyuasin sedang memaparkan mekanisme sambunesia nozzle

Panglima TNI dan Kapolri terlihat antusias mendengar penjelasan kepala Daops Manggala Agni Banyuasin. Upaya yang telah dilakukan Manggala Agni yaitu melakukan patroli terpadu di 50 desa rawan Karhutla, pemadaman darat, dan sosialiasi penyadartahuan kepada masyarakat.

Hadi juga memberi semangat kepada personel dan berpesan bahwa lahan-lahan gambut yang ada untuk dijaga agar tetap basah dan terhindar dari kekeringan. Pasukan brimob juga akan diturunkan untuk memastikan Asian Games bebas dari asap.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Tito Karnavian mengimbau agar masalah Karhutla dapat ditangani, karena berkaitan dengan citra Indonesia di mata dunia. Selain itu, Tito juga memerintahkan segera menindaklanjuti apabila ada pembakar lahan yang tertangkap.

agussum43

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan juga berkomitmen untuk memastikan event akbar tersebut berjalan lancar. Dukungan dan sinergitas berbagai pihak terus diperkuat untuk menjaga bumi Sriwijaya tanpa asap Karhutla.
(Humas Balai PPIKHL Sumatera/Chaerul)

agussum44

agussum45

membagi informasi ini: