Manggala Agni Daops Pematangsiantar Lakukan Penghijauan di Pusuk Buhit

 

Manggala Agni Daops Pematangsiantar Lakukan Penghijauan di Pusuk Buhit

agussum31

Bibit tanaman kehutanan yang siap tanam

Manggala Agni Daops Pematang Siantar mengikuti kegiatan penghijauan di Gunung Pusuk Buhit, Kabupaten Samosir, Sumut Senin (9/07). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Wisata Edukasi Leluhur Batak 2018 yang diselenggarakan sejak selasa (4/07).

Kegiatan ini diusung oleh Pomparan Si Raja Batak yang tergabung dalam komunitas Rumahela. Penanaman 1.000 lebih bibit pohon ini dilakukan di sepanjang jalan menuju dan di sekitar situs Rumahela lerang Gunung Pusuk Buhit yang masih gundul.

Penanaman tersebut juga melibatkan pihak kepolisian dari Polres Samosir diwakili Ipda JW Saragih, Ipda J Sianipar dan Ipda Inja Kaban. Bibit penghijauan merupakan pengadaan dari DPD Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut.

Ketua panitia Engelbertha Silalahi, menyampaikan penanaman pohon di Gunung Pusuk Buhit untuk tetap menjaga kelestarian alam. Dipastikan, dengan tumbuhnya pepohonan di dolok Pusuk Buhit akan menciptakan suasana kehidupan baru.

Manggala Agni bersama komunitas di Rumahela berkomitmen untuk mematahkan mitos bahwa Pusuk Buhit di Kab. Samosir sulit dilakukan penghijauan. Bibit yang ditanam merupakan bibit endemik dari kawasan ini. Lebih jauh lagi, Manggala agni berkomitmen untuk menjaga pusuk buhit dari Karhutla.

Kepala Daops Manggala Agni Pematang Siantar, Parasian Sinaga sangat mendukung kegiatan penanaman ini. Kedepannya Manggala Agni akan berpartisipasi dalam mewujudkan Geopark Kaldera Toba menjadi Geopark Global Network oleh UNESCO.
(Daops Pematang Siantar/Humas BPPIKHL Sumatera)

agussum32

membagi informasi ini: