• Beranda
  • Berita
  • Pembinaan Pegawai Lingkup Balai PPIKHL Wilayah Sumatera oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim

Pembinaan Pegawai Lingkup Balai PPIKHL Wilayah Sumatera oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim

 

Pembinaan Pegawai Lingkup Balai PPIKHL Wilayah Sumatera oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim

agussum21
Dirjen PPI, Dr. Ir. Ruandha Agung Sugadirman, M.Sc bersama pegawai Balai PPIKHL Sumatera

Pembinaan pegawai lingkup Balai PPIKHL wilayah Sumatera disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Dr. Ir. Ruandha Agung, M.Sc didampingi Direktur Pengendalian Karhutla, Ir. Raffles B. Panjaitan, M.Sc di Aula Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, Selasa (31/07).

Pembinaan ini dihadiri oleh jajaran pegawai Balai PPIKHL wilayah Sumatera dan empat Daops di Provinsi Sumatera selatan. Diawali oleh sambutan dari kepala balai PPIKHL wilayah Sumatera Ir. Israr, M.Sc. yang sangat mengapresiasi kunjungan dirjen PPI kali ini. Beliau juga menyampaikan kondisi terkini Balai PPIKHL wilayah Sumatera, baik di Daops maupun kantor balai.

Acara dilanjutkan dengan arahan dan pembinaan oleh Dirjen PPI yang sebelumnya bertugas di Direktorat Planologi dan Tata Lingkungan. Dalam kesempatan tersebut Ruandha menyampaikan tiga fokus utama Direktorat Jenderal PPI yakni pencegahan Karhutla terutama menjelang event Asian Games 2018.

agussum22

 

Dirjen PPI memaparkan program dan pembinaan kepada pegawai lingkup Balai PPIKHL Sumatera

Untuk itu dia mengharapkan agar lingkup Direktorat Jenderal PPI, agar dapat menunjukkan ke dunia Internasional bahwa Indonesia sukses menurunkan angka Karhutla dan menjaga gambut yang ada.

Fokus kedua ialah mengartikulasikan NDC sampai ketingkat tapak untuk menyukseskan misi menurunkan emisi sebesar 29% dengan usaha sendiri. Komitmen ini didapatkan dari sektor kehutanan, limbah, pertanian, enegeri dan industry.

Fokus terakhir adalah menurunkan emisi dari sektor energi. Dimana saat ini 17% penurunan emisi masih berasal dari sektor kehutanan, belum menyasar sektor energi. Untuk itu perlu peningkatan kerjasama dengan stakeholder terkait seperti Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian dan sebagainya.

agussum23

Dalam kesempatan ini, Ruandha juga menyampaikan apresiasi dari komisi IV DPR RI yang secara langsung melihat kesiapsiagaan Manggala Agni di lapangan dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Sumatera.

Pada tingkat Kementerian LHK, Pusat data saat ini juga menampilkan data secara real time mengenai penanganan Karhutla di Indonesia. “Agar masyarakat tahu bahwa kita sudah berupaya penuh untuk menanggulangi Karhutla” imbuhnya.

Kedepannya, ia berharap agar Balai PPIKHL wilayah Sumatera dapat mengelola anggaran dengan baik dan tertib secara administrasi. “Jadikan diri sendiri untuk terus meningkatkan kapasitas diri, dan jangan menjadi bagian terlemah dari suatu sistem’’ tandasnya di hadapan peserta pembinaan.

Senada dengan Dirjen, Direktur PKHL, Ir. Raffles B. Panjaitan, M.Sc juga berpesan mengenai fokus pengendalian Karhutla ditingkat tapak. Selanjutnya ia menambahkan perlunya peningkatan koordinasi denggan satgas penanggulangan Karhutla yang ada di daerah.

agussum24

Pembinaan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan pegawai Balai PPIKHL wilayah Sumatera dan foto bersama.
(Tim Humas BPPIKHL Wilayah Sumatera/Chaerul)

membagi informasi ini: