• Beranda
  • Berita
  • KUJUNGAN KERJA KOMISI IV DPR RI DALAM RANGKA KESIAP- SIAGAAN PENANGANAN KARHUTLA DI PROPINSI SUMATERA SELATAN

KUJUNGAN KERJA KOMISI IV DPR RI DALAM RANGKA KESIAP- SIAGAAN PENANGANAN KARHUTLA DI PROPINSI SUMATERA SELATAN

DALAM RANGKA KESIAP- SIAGAAN PENANGANAN KARHUTLA DI PROPINSI SUMATERA SELATAN

agussum11

Pelaksanaan Pemadaman Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Manggala Agni Daops Banyuasin dan tim Patroli Terpadu (Patdu) merupakan salah satu bentuk serius Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menanggani karhutla di propinsi Sumatera Selatan. Kegiatan pemadaman ini merupakan rasa bentuk kepedulian dan tanggung jawab mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang yang agussum12direncanakan pada bulan Agustus mendatang, Hari Ini (Senin 30/ 09/2018) Pasukan Manggala Agni beserta tim Patroli Terpadu (PATDU) mendapatkan informasi telah terjadi kebakaran hutan dan lahan, Kebakaran ini akibat pembukaan lahan oleh masyarakat dengan cara membakar karena kurangnya kesadaran masyakarakat tentang dampak bahaya kebakaran hutan dan lahan tersebut, tim terus bergerak ke lokasi target dan menemukan titik api, pemadaman awal terus dilakukan secara manual, karena kondisi bahan bakar yang cukup banyak/ berat dan cuaca yang ekstrim kebakaran tersebut tidak dapat dikendalikan secara manual sehingga tim meminta bantuan Regu Manggala Agni Daops Banyuasin yang berada di Posko Kebakaran Hutan dan Lahan terdekat, dengan semua kemampuan yang dimiliki Manggala Agni Daops Banyuasin, TNI, Polri BPBD, MPA dan Masyarakat Desa berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan pemadaman pengendalian kebakaran hutan dan lahan di atas merupakan skenario simulasi pemadaman yang dilakukan oleh Manggala Agni Daops Banyuasin dan Tim Patdu posko Desa Pegayut yang dilaksanakan di Desa Babatan Saudagar Kecamatan Pemulutan Kab. Ogan Ilir Propinsi Sumatera Selatan pada saat Kunjungan kerja Komisi IV DPR RI dalam rangka melihat langsung kesiap- siagaan Manggala Agni dan Tim Patdu dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, acara ini bukan hanya dihadiri oleh Anggota DPR RI tetapi juga di hadiri oleh beberapa unsur pemerintah dan Swasta seperti Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, Dirjen PPI, Direktur PKHL, BPBD, BRG, Dinas Kehutanan Sumsel, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dll.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Komisi IV yang dipimpin langsung oleh Bpk. Edy Prabowo, MM, MBA mengatakan “ Kami kesini (Ogan Ilir) untuk melihat langsung posko pengendalian Karhutla, tugas saya berserta rombongan sebanyak 26 orang ini merupakan bagian tugas kami melakukan peninjauan langsung kelengkapan personil, sarana dan prasarana yang ada disini, karena anggaran yang dikeluarkan perintah tidak kecil, apabila masih banyak kekurangan baik berupa personil maupun perlalatan kami anggota DPR RI siap membantu mendorong pemerintah untuk menambah anggaran apabila memang itu di anggap perlu”

Apalagi Sumatera Selatan/ Kota Palembang adalah tuan rumah pelaksanaan Asiam Games 2018, harus lebih ekstra dan bekerja keras dalam menanggani kebakaran hutan dan lahan demi tecapainya acara olaraga ASIAN GAMES. 2018 dimaksud ujar ketua komisi IV Bpk. Edy Prabowo, MM, MBA.

agussum13Setelah simulasi pemadaman selesai salah satu susunan agenda acara selanjut yaitu uji coba peralatan (nozzel) pemadaman Karhutla hasil karya anak bangsa Indonesia yaitu SAMBUNESIA NOZZE, adalah jenis NOZZEL yang mempunyai multi fungsi yang dapat meringankan pertugas dalam pelaksanaan pemadaman. Selanjutnya setelah selesai melihat simulasi Pemadaman serta pengenalan peralatan Nozzel multi fungsi Bpk Edy Prabowo, MM, MBA mewakili teman2 anggota DPR RI, Menyerahkan cidera mata kepada Pemda Ogan Ilir dan Manggala Agni Daops Banyuasin,

Tidak jauh dari lokasi simulasi pemadaman para anggota DPR RI dan rombongan secara bersama- sama melihat langsung Posko Patroli terpadu desa Pengayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten sudah dibentuk/ sudah berjalan, di desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.

Mari bersama- sama kita jaga Indonesia terbebas dari kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan serta mensusksekan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 !!!   (Wak Fau/ Tim Humas)

 

agussum14

    

membagi informasi ini: