• Beranda
  • Berita
  • WUJUDKAN SINERGITAS DAN KETERPADUAN PENANGANAN DALKARHUTLA KAB. PULANG PISAU MELALUI APEL SIAGA

WUJUDKAN SINERGITAS DAN KETERPADUAN PENANGANAN DALKARHUTLA KAB. PULANG PISAU MELALUI APEL SIAGA

WUJUDKAN SINERGITAS DAN KETERPADUAN PENANGANAN DALKARHUTLA KAB. PULANG PISAU MELALUI APEL SIAGA

apel siagakal1

Pulang Pisau merupakan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang memiliki tingkat kerawanan karhutla yang sangat tinggi. Kab. Pulang Pisau memiliki lahan gambut yang sangat luas dan dalam, kedalaman gambut terdalam di kabupaten ini mencapai lebih dari 12 meter, karenanya kesipasiagaan terhadap bencana karhutla di kabupaten yang berada dalam wilayah kerja Daops Kapuas ini terus ditingkatkan di musim kemarau 2018.

Dipimpin langsung oleh Pj Bupati Pulang Pisau,Ir. M.Hatta dengan komandan apel Ka.Sub.Bag Ops Polres Pulang Pisau, Inspektur II Ujang Usparman, pada hari senin 14 Mei 2018, BPBD Kab. Pulang Pisau selaku leading sector penanganan bencana di daerah menyelenggarakan Apel Siaga Pencegahan dan Kesiapsiagaan Karhutla Kab. Pulang Pisau. Manggala Agni Daops Kapuas yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanggulangan Bencana Karhutla Kab. Pulang Pisau turut serta berperan aktif dalam acara ini.

apel siagakal2

Acara ini dihadiri oleh BPBD Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua Kejaksaan Negeri, Kapolres Pulang Pisau, Pabung Kodim Kapuas, SKPD terkait lingkup Kab. Pulang Pisau, Camat se-Kabupaten pulang Pisau, Danramil se-Kabupaten Pulang Pisau, Polsek se-Kabupaten Pulang Pisau dan Media Massa.   Dengan peserta apel anggota Kodim Kapuas, anggota Polres Pulang Pisau, anggota Manggala Agni Pulang Pisau, angota Tagana Pulang Pisau, Dinas Perhubungan pulang Pisau, Damkar BPBD Pulang Pisau dan Dinas Kesehatan Pulang Pisau.

Dalam kesempatan ini Bupati Pulang Pisau melakukan inspeksi kesiapsiagaan saran dan peralatan pemadaman sekaligus mencoba secara langsung mesin pemadam dalam simulasi pemadaman. Dalam gelar peralatan ini Daops Kapuas turut menurunkan mobil patroli, mobil tangki pemadam, kendaraan roda dua, mesin pemadam serta peralatan tangan.

Pj Pulang Pisau, Ir. M. Hatta, dalam sambutannya menghimbau agar upaya pencegahan karhutla dapat dilaksanakan sedini mungkin dengan melibatkan semua unsur yang ada yaitu TNI, Polri, Manggala Agni, Pemerintah Kabupaten sampai tingkat desa, dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan secara sinergi dan terpadu.

apel siagakal3

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso,S.Hut, M.Agr, yang ditemui pada lokasi terpisah menyatakan bahwa Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan siap bekerja sama dalam penangana d dalkarhutla di Wilayah regional Kalimantan, menjelang musing kemarau ini Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan telah meningkatkan kegiatan pencegahan karhutla melalui patroli rutin, patroli terpadu, sosialisasi dan kampanye dalkarhutla di Wilayah Regional Kalimantan. (Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan, 2018)

apel siagakal4

membagi informasi ini: