• Beranda
  • Berita
  • MENGENAL MANGGALA AGNI DAN DALKARHUTLA BERSAMA SISWA SISWI SEKOLAH TAHFIZD PLUS EL FIKRI DI MARKAS DAOPS MANGGALA AGNI BANJAR

MENGENAL MANGGALA AGNI DAN DALKARHUTLA BERSAMA SISWA SISWI SEKOLAH TAHFIZD PLUS EL FIKRI DI MARKAS DAOPS MANGGALA AGNI BANJAR

MENGENAL MANGGALA AGNI DAN DALKARHUTLA BERSAMA SISWA SISWI SEKOLAH TAHFIZD PLUS EL FIKRI DI MARKAS DAOPS MANGGALA AGNI BANJAR

bersekolah1

Belajar tidak harus didalam kelas, belajar diluar kelas dengan suasana santai dan penuh keceriaan akan lebih berkesan bagi peserta didik seperti yang dilaksanakan oleh pengajar Sekolah Tahfizd Plus El Fikri Ke. Guntung Payung. Pada hari jumat 12 Mei 2018 sebanyak 40 siswa-siswi Sekolah Tahfiz Plush El Fikri Kel.Guntung Payung Kota Banjarbaru mengunjungi daops banjar untuk lebih mengenal profesi manggala agni serta belajar tentang karhutla, pencegahan serta mengendaliannya.

Diselingi tawa, siswa siswi belajar mengenai profesi Manggala Agni, berkenalan dengan peralatan dalkarhutla, mengenal kegiatan patroli pencegahan karhutla, melihat pembuatan cuka kayu serta praktek pemadaman dengan menggunakan pompa.  

bersekolah2

 

Pihak pengajar Sekolah Tahfizd Plus El Fikri menyatakan bahwa Sekolah Tahfidz Plus El Fikri merupakan komunitas home schooling yang menerapkan aqidah Islam yang memiliki metode pembelajaran secara klasikal, talaqqi (face to face), dan kelas lapangan yang semuanya dilaksanakan terintegrasi. Sehingga setiap anak yang belajar disini akan memiliki pemahaman yang dalam terhadap hafalan Al Qur’an dan nilai-nilai Islam, karena pembelajaran yang terjadi langsung menghadirkan fakta –contohnya bagaimana kasih sayang Allah SWT tampak pada dirinya, lingkungan dan alam disekitarnya.

Kunjungan ke Daops Manggala Agni Banjar merupakan salah satu wujud kelas lapang untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, mengahadirkan fakta bahwa tindakan membakar hutan dan lahan merupakan bentuk merusak lingkungan dan bahwa setiap manusia wajib untuk turut serta dalam pencegahan dan pengendaliannya.

bersekolah3

 

Kepala Daops Banjar, Zulkarnain, mengucapkan terima kasih atas kunjungan siswa-siswi Sekolah Tahfizd Plus El fikri ke Daops Banjar, dan menyatakan bahwa dengan mengenal karhutla dan penganganannya sejak dini dapat membentuk pola fikir generasi muda menjadi generasi yang lebih peduli lingkungan sekitar. (Balai Pengendalian perubahan Iklim dan kebakaan Hutan dan lahan Wilayah Kalimantan, 2018)

 

bersekolah4

membagi informasi ini: