PATROLI UDARA SEBAGAI LANGKAH ANTISIPASI CEPAT DALAM PENANGANAN KARHUTLA

PATROLI UDARA SEBAGAI LANGKAH ANTISIPASI CEPAT DALAM PENANGANAN KARHUTLA

hel1

Firespot yang terpantau sejak 04 Mei 2018 di wilayah Kelurahan Pelintung Kec. Medang Kampai Kota Dumai telah menjadi perhatian serius seluruh Satgas Karhutla Riau. Satgas Darat gabungan yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, MPA, Regdam Perusahaan serta masyarakat terus berusaha mengupayakan pemadaman langsung. Titik api yang menyebar dan kondisi lahan gambut merupakan tantangan utama pemadaman.

Disamping operasi Patroli dan Pemadaman darat Manggala Agni yang ada di Prov. Riau juga melaksanakan kegiatan operasi udara sebagai langkah antisipasi cepat dalam penanganan karhutla untuk areal yang sulit dijangkau, kegiatan operasi udara ini rutin dilakukan seperti patroli udara water bombing dengan menggunakan helikopter, pemantauan hotspot, serta patroli pengamanan kawasan hutan di Prov. Riau. Direktur PKHL Ir. Rafles B. Panjaitan juga menegaskan bahwa helikopter KemenLHK akan beroperasi intens di Prov. Riau ini sebagai bentuk Komitmen KemenLHK dalam upaya pengendalian karhutla serta menyukseskan Asian Games 2018 bebas asap. Seluruh kendali operasi helikopter KemenLHK selalu berkordinasi dengan Satgas Udara Riau.

hel2"1 unit helikopter tipe Bell 412 PKDAS KemenLHK yang telah diperbantukan untuk memperkuat Satgas Udara Karhutla Riau sejak 26 Maret 2018 turut diterjunkan guna mendukung operasi pemadaman udara dan water bombing. Dengan kapasitas  bumbi bucket 1000Liter/bombing, helikopter PKDAS KemenLHK mampu melakukan operasi WB sebanyak 23 kali" ujar Edwin Putra (Kord. Manggala Agni Riau).

Water bombing dilakukan sejak pagi sampai dengan sore hari berhasil menyekat penjalaran api di sekitar TKP Karhutla. Hingga saat berita ini diturunkan Manggala Agni dan satgas gabugan masih melaksanakan kegiatan patroli karhutla.

Mari bersama kita Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan bebaskan Sumatera dari Asap, Sukseskan ASIAN GAMES 2018. (Daops PKU Gunawan S.Kom/ Wak fau).

membagi informasi ini: