MANGGALA AGNI BERSAMA SATGAS KARHUTLA PADAMKAN API DI LAHAN GAMBUT


MANGGALA AGNI BERSAMA SATGAS KARHUTLA PADAMKAN API DI LAHAN GAMBUT

gambut sum1

 

Pengendalian kebakaran hutan dan lahan menjadi mutlak untuk dilakukan terlebih saat mendekati musim kemarau. Tindakan pencegahan merupakan inti dari pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Namun, saat kebakaran terjadi apapun harus dilakukan demi memadamkannya. Seperti pemadaman yang dilakukan oleh tim Manggala Agni Daops Siak, Provinsi Riau.

gambut sum2Tercatat kebakaran hutan dan lahan terjadi pada Kamis (10/05) di perbatasan Desa Tanjung Leban, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Bandar Laksamana/Medang Kampai, Kabupaten Bengkalis/ Kota Dumai, tepatnya pada kordinat N. 1.55911 E. 101.65819. Kebakaran terjadi di kebun masyarakat dengan luas ± 50 Ha. Jenis tanah yang terbakar merupakan tanah gambut.

Beberapa kendala yang dihadapi dalam pemadaman tersebut antara lain adalah tersedianya bahan bakar yang cukup untuk timbulnya api, medan yang sulit membuat mobil dapat sewaktu-waktu terperosok, lokasi ke sumber air sulit terjangkau, dan jarak yang jauh ± 5 km dari jalan lintas sungai pakning Dumai ke titik api. Berbagai kendala tersebut tidak menyurutkan semangat personel MA Daops Siak melakukan pemadaman.

Kegiatan pemadaman juga dilakukan bersama tim gabungan TNI, POLRI, RPK PT BBHA, RPK PT SPM,gambut sum3 MPA, dan masyarakat. Tim Manggala Agni melakukan pemadaman langsung (pemadaman darat) dan udara. Upaya pemadaman dilaksanakan dengan menggunakan 1 unit pompa maxlll, pemadaman udara dan water bombing dengan kapasitas  bumbi bucket 1000 liter/bombing oleh helicopter PKDAS KemenLHK untuk penyekatan agar api tidak merambat ke lahan masyarakat lainnya, dan escavator untuk pembuatan sekat bakar serta embung air dan untuk mengangkut personel dan peralatan pemadam kebakaran.

Sampai saat ini penyebab terjadinya kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib. (MA Daops Siak/Deki)

membagi informasi ini: