BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN MENYELENGGARAKAN EVALUASI MANGGALA AGNI

BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN

MENYELENGGARAKAN EVALUASI MANGGALA AGNI

Dalam rangka peningkatan kinerja Manggala Agni lingkup Regional Kalimantan, pada bulan Desember 2017 Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan secara serentak melaksanakan Evaluasi terhadap seluruh anggota Manggala Agni seluruh Kalimantan.  Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 18 s.d. 24 Desember 2017 di setiap Daops Manggala Agni Regional Kalimantan.

Pelaksanaan evaluasi bertujuan untuk memastikan bahwa setiap manggala agni memiliki kualitas fisik, mental, pengetahuan yang baik serta bersih dari narkoba.  Rangkaian evaluasi yang dilaksanakan meliputi tes tertulis, tes wawancara, tes kesehatan, tes fisik/kesamaptaan dan tes/ uji narkoba. 

Tes tertulis dan wawancara dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, kedisiplinan, kemauan belajar, kepedulian, serta integritas setiap anggota manggala agni.  Sedangkan tes kesehatan dan fisik/ kesamaptaan dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan fisik setiap anggota manggala agni, diharapkan hasil tes ini akan mencerminkan kesiapan setiap anggota Manggala Agni dalam pelaksanaan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan.  Satu rangkaian yang sangat penting dalam evaluasi manggala agni adalah tes/ uji narkoba. Tes/uji narkoba ini dilaksanakan agar Manggala Agni bersih dari narkoba serta sebagai wujud nyata dukungan Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan terhadap program pemerintah Indonesia Bebas Narkoba.

Setiap tahapan tes evaluasi manggala agni dilaksanakan bekerjasama dengan instansi yang berwenang/ berkompeten dibidangnya. Tes kesehatan dilaksanakan bekerjasama dengan instansi kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit umum maupun rumah sakit TNI.  Untuk tes fisik/ kesamaptaan dilaksanakan sesuai dengan standar TNI bekerja sama dengan Kodim/ Koramil setempat, untuk tes/ uji narkoba dilaksankaan bekerjasama dengan BNN, BNK maupun pihak kepolisian tergantung kondisi di masing-masing Daops.  Sedangkan tes wawancara dilaksanakan oleh pejabat struktural/ staf Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso,S.Hut,M.Agr, menyatakan bahwa setiap Anggota Maggala Agni harus bersih dari segala macam bentuk penyalahgunaan narkoba. Ke depan, Manggala Agni harus dan dituntut menjadi Central of Excellent dan ini merupakan wacana dari Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan. “Diharapkan dengan adanya evaluasi, Manggala Agni akan menjadi tenaga profesional dalam penanggulangan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

 

 

 

 

 

 

membagi informasi ini: