• Beranda
  • Berita
  • BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN MEMBENTUK TIGA KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI API DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN SELAMA BULAN DESEMBER 2017

BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN MEMBENTUK TIGA KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI API DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN SELAMA BULAN DESEMBER 2017

BALAI PPIKHL WILAYAH KALIMANTAN MEMBENTUK TIGA KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI API DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

SELAMA BULAN DESEMBER 2017

            Di penghujung tahun ini, pada bulan Desember 2017, Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan membentuk tiga kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) di Provinsi Kalimantan Selatan.  Ketiga MPA tersebut dibentuk di desa rawan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja DAOPS Manggala Agni Banjar, Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

            Tanggal 4 s.d. 5 Desember 2017 kemarin pembentukan Kelompok  MPA Prov. Kalimantan Selatan dilaksanakan di Wilayah Kerja DAOPS Manggala Agni Banjar yaitu Desa Sampurna Kec. Jejangkit Kab. Barito Kuala dan MPA Lingkup Kec. Halong Kab. Balangan yang berada di wilayah kerja DAOPS Manggala Agni Tanah Laut.  Sedangkan MPA Kec. Pulau Laut Timur Kab. Kota Baru yang berada di wilayah kerja DAOPS Manggala Agni Tanah Bumbu baru akan dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 15 Desember yang akan datang.

            MPA Lingkup Kec. Halong beranggotakan 30 orang yang berasal dari perwakilan 12 desa rawan karhutla di Kec. Halong Kab. Balangan. Kegiatan pembentukan dan Pembinaan MPA Kec. Halong ini dihadiri oleh Setda Kab. Balangan, Kapolsek Halong dan Danaramil Juai Halong.

            Setda Kab. Balangan  berterima kasih kepada peserta yangg sudah mau ikut bergabung menjadi kelompok MPA dengan sukarela, tanpa pamrih, menjadi anggota MPA sifatnya sosial dan membutuhkan loyalitas yang tinggi.

Kepada pelaksana (Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan), pihak pemerintah daerah  juga mengucapkan rasa terima kasih telah memilih kecamatan halong menjadi satu-satunya yg memiliki kelompok MPA binaan KLHK semoga silaturahmi dan hubungan kerjasama kedepannya dapat ditingkatkan lagi. Kapolsek Halong menyampaikan agar peserta MPA ini dapat membantu mensosialisasikan bahaya karhutla dan menyampaiakan larangan untuk membakar lahan atau hutan guna berkebun/behuma.

            Acara Pemebentukan MPA Desa Sampurna Kec. jejangkit Kab. Banjar dihadiri oleh Camat Jejangkit,Kapolsek, Koramil serta unsur kecamatan dan Kepala Desa.  Pada kesempatan ini, Camat dan Kapolsek Jejangkit sangat mengapresiasi adanya pembentukan dan pembinaan Kelompok MPA di Kec. Jejangkit, dikarenakan Kec. Jejangkit merupakan salah satu Kecamatan raan karhutla.  Dengan adanya Kelompok MPA di Kec. Jejangkit masyarakat akan sedikit banyak bertambah pengetahuan tentang tata cara mencegah dan melakukan pemadaman lahan

            Sedangkan kegiatan pembentukan dan pembinaan MPA Kec. Pulau Laut Timur Kab. Kota Baru yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 s.d 15 Desember 2017 mendatanng direncanakan akan memiliki anggota yang berasal dari dua desa rawan karhutla Desa Sungai Limau dan Desa karang Sari Indah. 

            Dengan adanya pembentukan MPA di wilayah kerja 3 DAOPS Di Prov. Kalimantan Selatan maka pada tahun 2017 Balai PPIKHL WIlayah Kalimantan telah membentuk 10 MPA, yaitu 2 MPA di Prov Kalimantan Barat, 3 MPA di Prov. Kalimatan Tengah, 3 MPA di Prov. Kalimantan Selatan dan 2 MPA di Provinsi Kalimantan Timur.  Dengan semakin banyaknya kelompok-kelompok Masyarakat Peduli Api yang terbentuk diharapkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya karhutla akan meningkat, dan dengan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan pengendalian dalkarhutla maka laju kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Regional Kalimantan dapat ditekan menuju Kalimantan bebas asap.

  

membagi informasi ini: