• Beranda
  • Berita
  • Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Sosialisasikan Pengendalian Karhutla Ke Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Sosialisasikan Pengendalian Karhutla Ke Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Sosialisasikan Pengendalian Karhutla

Ke Pemerintah Kabupaten Musi Rawas 

 

Tidak hanya menyasar ke desa-desa rawan karhutla, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Sumatera juga menggalakkan sosialisasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan hingga tingkat kabupaten. Sebagaimana yang dilaksanakan oleh Balai PPIKHL Wilayah Sumatera di Kabupaten Musi Rawas pada Senin (4/12/2017).

Bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Rawas di Lubuk Linggau, Balai PPIKHL Wilayah Sumatera menyelenggarakan Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Musi Rawas, BPBD, TNI, POLRI, perwakilan UPT Kementrian LHK (TN Kerinci Seblat), pihak perusahaan HTI dan perkebunan.Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj. Suwarti menghadirkan narasumber Komandan Satgas Karhutla Provinsi Sumsel/Danrem 044 GAPO Kolonel (Inf) Kunto Arief Wibowo dan Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera (Ir. Denny Martin, M.Si).

Dalam sambutannya Wabup meminta semua OPD memberikan perhatian serius terhadap upaya pencegahan karhutla dengan turun ke lapangan memberikan pemahaman dan solusi kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan. Sementara Danrem 044/GAPO yang didampingi Dandim 0406/MLM serta jajaran Danramil menekankan perlunya sinergi yang baik antar instansi dalam penanganan karhutla. Penanganan karhutla harus terintegrasi dan fokus pada upaya-upaya untuk mengubah pola fikir masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar misalnya melalui pemanfaatan BIOS 44.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera (Ir. Denny Martin, M.Si) menuturkan bahwa sosialisasi dalkarhutla kepada instansi terkait lingkup Kabupaten Musi Rawas dimaksudkan untuk mengoptimalkan keterlibatan pemkab Musi Rawas dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan. Upaya pencegahan harus lebih dikedepankan untuk mengantisipasi munculnya titik api dan menekan tingkat bahaya karhutla utamanya di provinsi rawan di pulau sumatera. Lebih lanjut Denny menuturkan, bahwa Balai PPIKHL Wilayah Sumatera akan terus secara kontinyu melaksanakan sosialisasi/kampanye pengendalian karhutla di wilayah sumatera mulai dari tingkat Desa sampai dengan kabupaten hingga provinsi dalam rangka membantu mewujudkan Sumatera bebas asap.  

(AL)

membagi informasi ini: