Kementerian LHK, Serahkan Peralatan Pengendalian Karhutla di Kalimantan Tengah

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, menyerahkan bantuan sarana prasarana pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada masyarakat Kalimantan Tengah di Palangkaraya, Jumat (08/09/2017).

Peralatan yang diserahkan kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) berupa 90 unit kendaraan roda dua, 127 unit pompa punggung dan 34 unit gawai telepon pintar yang dilengkapi aplikasi peringatan dini karhutla.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah  Mugeni kepada perwakilan masyarakat dan kelompok Masyarakat Peduli Api untuk mendukung upaya pencegahan dan pemadaman yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah tersebut. Hadir pula dalam acara penyerahan peralatan tersebut perwakilan dari Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian LHK.

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah telah banyak dilakukan, meliputi patroli terpadu yang bekerjasama dengan TNI, POLRI, serta Masyarakat; pembasahan lahan (rewetting) dengan pembuatan sumur bor, sekat kanal, dan penanaman pada lahan rawan karhutla; dan Pemerintah Provinsi juga mendorong perusahaan kehutanan dan perkebunan agar memenuhi kewajiban terkait pengendalian karhutla.

Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan fase kedua akan dilaksanakan pada 18 September s.d. 17 Oktober 2017 dengan mendirikan 55 posko desa dan bekerjasama dengan TNI, POLRI, serta Masyarakat. Pada fase pertama patroli terpadu dilaksanakan dengan membangun 55 posko desa yang bisa menjangkau 110 desa di sekitar posko.

Peluncuran patroli terpadu tersebut ditandai dengan memberangkatkan tim patroli terpadu oleh Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua DPRD Kalimantan Tengah, dan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) KLHK.

Acara yang digelar di halaman Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah ini, juga dihadiri oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan tengah, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah, Kepala SKPD Provinsi Kalimantan Tengah, perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkup KLHK, Ketua KPHK Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah, APHI, GAPKI, APTA wilayah Kalimantan Tengah, dan tokoh masyarakat dari beberapa kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

WhatsApp_Image_2017-09-08_at_15.44.52.jpeg   WhatsApp_Image_2017-09-08_at_15.44.56.jpeg

membagi informasi ini: