Peluncuran Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI)

 

Peluncuran Sistem Registri Nasional

Jakarta, 1 November 2016

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim yang mendaftar secara nasional semua kegiatan mitigasi, adaptasi dan dukungan yang diperoleh.  Selain itu sistem Registrasi Nasional sebagai bentuk implementasi tata kelola yang baik, transparansi dan keterbukaan informasi dalam sinergi bersama upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Sistem ini sekaligus bentuk keseriusan Indonesia dalam mengoperasionalkan Perjanjian Paris terutama pasal 13 yang menyangkut tentang transparansi, pasal 4 dan pasal 7 yang menyangkut tentang sumber daya dukungan.

Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (selanjutnya disebut SRN-Pengendalian Perubahan Iklim) merupakan rumah pengelolaan data dan informasi terkait kegiatan maupun sumber daya yang mendukung pelaksanaan dan keberlangsungan upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.  Tujuan dari SRN ini adalah mendata aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi perubahan iklim di Indonesia; pengakuan pemerintah atas kontribusi berbagai pihak terhadap upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia; penyediaan data dan informasi kepada publik tentang aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi serta capaiannya, serta menghindari penghitungan ganda (double counting) terhadap aksi dan sumber daya Adaptasi dan Mitigasi sebagai bagian pelaksanaan prinsip clarity, transparency dan understanding (CTU). Disini akan dihimpun data dari berbagai tingkatan pelaksana kegiatan maupun penyedia dukungan sumber daya baik dalam skala nasional, regional maupun proyek. Data yang terhimpun selanjutnya diintegrasikan secara seksama dalam sistem basis data dan ditampilkan melalui panel instrumen (dashboard) yang terakses oleh publik.

Perubahan iklim telah menjadi fokus pertimbangan dalam perumusan tujuan pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan. Pengarustamaan isu perubahan iklim dalam membawa misi untuk mengarahkan kepada rencana pembangunan rendah karbon yang akan menghadirkan kesejahteraan berkeadilan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta berketahanan iklim bagi Rakyat Indonesia di masa kini dan masa mendatang. Komitmen kuat Indonesia ini mendatangkan dukungan dari berbagai komunitas baik di tingkat internasional maupun nasional.

Keberagaman aksi dan dukungan tersebut memerlukan mekanisme koordinasi yang kuat agar efektif dan efisien serta meminimalkan kesenjangan antara kegiatan yang dilakukan di lapangan dan dukungan yang diberikan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, dalam sambutannya menekankan pentingnya Sistem Registri Nasional sebagai sarana integrasi aksi dan sumber daya  terkait perubahan iklim. Khususnya untuk menghindari double counting serta sekaligus sebagai alat koordinasi dan alat penilai sejauh mana pelaksanaan kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang didukung oleh berbagai sumber daya.

Integrasi data yang menyeluruh dan partisipatif selanjutnya memungkinkan SRN menjadi sistem penelusuran (tracking system) pelaksanaan kegiatan maupun dukungan sumber daya dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Memenuhi komitmen global dengan mengapresiasi inisiatif lokal

Pemerintah menyadari, seiring dengan pengarustamaan kebijakan di tingkat nasional dan negoisasi iklim di tingkat global, telah banyak upaya masyarakat di tingkat tapak untuk meningkatkan ketahanan iklim maupun menjaga kelestarian lingkungan baik oleh inisiatif mandiri  masyarakat maupun melalui pendampingan mitra. Inisiatif - inisiatif ini juga merupakan capaian upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Sistem Registri Nasional dirancang untuk menjaring upaya-upaya kolektif tersebut.

Dr. Nur Masripatin, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim-KLHK menuturkan tujuan utama dari peluncuran SRN ini adalah untuk mengajak semua pelaku kegiatan mitigasi dan adaptasi di seluruh Indonesia mendaftar kegiatannya.  Selain itu SRN - Pengendaliaan Perubahan Iklim merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas kontribusi berbagai pihak terhadap upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia. “Setiap pelaksana kegiatan terkait perubahan iklim baik dalam skala desa maupun kampung seperti Program Kampung Iklim, inovasi  proses produksi yang ramah lingkungan oleh dunia usaha maupun dukungan pendanaan, alih teknologi dan peningkatan kapasitas dari mitra pembangunan internasional dapat mendaftarkan kegiatannya ke dalam SRN - Pengendalian Perubahan Iklim”, tambahnya.

Seluruh data dan informasi yang masuk melalui SRN selanjutnya akan menjalani proses validasi dan verifikasi data oleh Tim Sekretariat SRN Pengendalian Perubahan Iklim - KLHK. Proses inilah yang akan memastikan kegiatan dan dukungan mana yang dapat disertakan sebagai capaian kegiatan pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Dengan ini Indonesia memiliki basis data yang dapat digunakan untuk pelaporan nasional ke Sekretariat UNFCCC dalam bentuk Biennial Update Report  (BUR) dan National Communication.

Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim dapat diakses melalui http://ditjenppi.menlhk.go.id/srn/. Publik dapat melihat gambaran kegiatan pengendalian perubahan iklim di Indonesia melalui dashboard yang disediakan pada halaman Beranda. Sedangkan bagi pelaksana kegiatan yang ingin melaporkan aksinya dapat langsung melakukan pendaftaran melalui menu Pendaftaran.

——————————————————————————————————————————

Info lebih lanjut Tentang Sistem Registri Nasional Pengendaliaan Perubahan Iklim silahkan menghubungi:

Sektretariat Sistem Registri Nasional Pengendaliaan Perubahan Iklim

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim - KLHK

Website : http://ditjenppi.menlhk.go.id dan http://ditjenppi.menlhk.go.id/srn/

email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

———————————————————————————————————————————

Kontak Media:

Ir. Hari Wibowo

Kepala Subdirektorat Monitoring Pelaporan Verifikasi dan Registri Aksi Mitigasi Sektor Berbasis Non Lahan  (E : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan HP : 085878875525)

=========================================================================

http://ditjenppi.menlhk.go.id/galeri-djppi/2777-lauching-srn 

 

  

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral

membagi informasi ini: