Kesepakatan COP21 / Paris

Negoisasi iklim ke 21 (COP 21) dari Konvensi Kerangka Kerja PBB Untuk Perubahan iklim (UNFCCC) telah berlangsung di Paris pada 30 November hingga 13 Desember 2015. Pertemuan ini adalah pertemuan bersejarah yang menyepakati kesepakatan yang mengikat (legally binding). Ini adalah kesepakatan yang mengikat pertama sejak Protokol Kyoto yang lahir pada pertemuan COP ke 3. Butir-butir kesepakatan Paris disebut Kesepakatan Paris untuk Perubahan Iklim.

Kesepakatan Paris bertujuan untuk menghentikan suhu pemanasan bumi tidak lebih dari 2 derajat Celcius. Dan untuk itu, setiap negara perlu memasukkan komitmen mengenai berapa banyak emisi karbondioksida yang akan dikurangi.

Kesepakatan Paris didukung sedikitnya 195 negara termasuk dua negara produsen emisi karbon terbesar dunia yaitu Amerika Serikat dan Tiongkok.

Berikut Pokok-Pokok Hasil COP21/CMP11:

Berikut dokumen kesepakatan COP21, beserta terjemahan bebas:

Tags: Sekretariat Direktorat Jendral, Pengendalian Kebakaran Hutan, Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional, Mitigasi Perubahan Iklim, Inventaris GRK dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi, Adaptasi Perubahan Iklim

membagi informasi ini: