Cegah Karhutla di 2019, BPPIKHL Jabalnusra Melakukan Sosialisasi

Mengawali tahun 2019, BPPIKHL Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra) berupaya mendorong masyarakat untuk bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah kegiatan sosialisasi di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yaitu Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta dan Desa Batur Selatan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali yang dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 8 Februari 2019). Sedangkan satu lokasi lagi akan dilakukan pada 12 s/d 14 Februari 2019 di Desa Kedungsari Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

Continue Reading

Memperkuat Aksi Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan Bencana di Tingkat Tapak

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan USAID berupaya meningkatkan upaya-upaya adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan bencana melalui suatu program yang diberi nama APIK (Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan). APIK diimplementasikan di level nasional dan mengambil lokasi di 3 provinsi yaitu Maluku, Sulawesi Tenggara dan Jawa Timur. APIK di Jawa Timur fokus pada wilayah DAS Brantas dan melibatkan 7 Kabupaten/Kota yaitu Kab. Malang, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Blitar, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang, dan Kab. Sidoarjo.  

Continue Reading

Desa Rawan Karhutla Raih Kategori Program Kampung Iklim Utama

Warga Desa Dataran Kempas yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) meraih penghargaan Proklim dengan Kategori Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini berupa sertifikat yang diserahkan secara langsung oleh Balai PPIKHL Wil. Sumatera melalui Kadaops Manggala Agni Bukit Tempurung, Rinaldi, S.P., Kamis, (31/01/2019).

Continue Reading

Manggala Agni Sigap Padamkan Karhutla di Sekitar Taman Habibie Batam

Batam, Kebakaran lahan kembali melanda Kota Batam, Rabu (6/2/2019) siang. Kebakaran melahap habis lahan milik masyarakat yang berdekatan dengan Hutan Lindung Sekupang, tepatnya di Bukit Dangas, Kelurahan Patam Lestari, Sekupang. Personel Manggala Agni Daops Batam berjumlah 15 orang bersama personel dari BP Batam dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam diturunkan untuk memadamkan kebakaran. Setelah berjibaku selama 4 jam, api dapat dikendalikan dan kebakaran tidak semakin meluas.

Continue Reading

membagi informasi ini: