Duka mendalam atas musibah tsunami di Pandeglang, Lampung selatan dan sekitarnya. Semoga korban dan yg selamat bisa segera dievakuasi. Doa kami untuk saudara2 kita di sana untuk Tabah kuat.

SISTEM INFORMASI PERUBAHAN IKLIM

Dokumen Perubahan Iklim

Pengumuman Seleksi Konsultan Individual Program BioCarbon Fund plus-Initiative for Sustainable Forest Landscape (BioCF ISFL)

Pengumuman Seleksi Konsultan Individual Program BioCarbon Fund plus-Initiative for Sustainable Forest Landscape (BioCF ISFL)

23 Januari 2019

Dalam rangka implementasi kegiatan BioCF ISFL, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengundang penyedia jasa konsultan individual untuk ...

selanjutnya
Pedoman Penentuan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim

Pedoman Penentuan Aksi Mitigasi Perubahan Iklim

10 Januari 2019

Pemerintah Indonesia mempunyai komitmen di dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebagaimana antara lain tercermin dalam panduan APBN yang dialokasikan oleh setiap Kementerian/Lembaga. Akan tetapi ...

selanjutnya

PRESS RELEASE DITJEN PPI

Hasil Sosialisasi Intergovernmental Panel on Climate Change ke 48
lebih lanjut..
Para Guru Merupakan Agen Perubahan Iklim (Workshop Peningkatan Kapasitas Perubahan Iklim untuk Guru)
lebih lanjut..
HARI AKSI PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM 2018
lebih lanjut..
KICK OFF SECOND BIENNAL UPDATE REPORT : Wujudkan Pelaporan yang Transparan, Akurat, Kompeten, Komparabel dan Lengkap
lebih lanjut..
DITJEN PPI telah membuat Dokumen tentang IDENTIFIKASI DAN PENGHITINGAN AKSI MITIGASI PADA EVENT ASEAN GAMES 2018
lebih lanjut..
Konsultasi Publik Kajian Sosial, Lingkungan Hidup Strategisdalam rangka Penyusunan SESA dan ESMF, serta Mekanisme Penanganan Keluhan (FGRM) FCPF Carbon Fund Provinsi Kalimantan Timur
lebih lanjut..

Program Kampung Iklim (Proklim)

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

Keterangan Progres: : Cultivate (Cultivate Certificate Proklim); : Initiate (Initiate Certificate Proklim); : Development (Proklim Development Certificate); : Proklim (Trophy and Certificate Proklim);

Pengantar

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI) adalah salah satu unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menangani perubahan iklim khususnya dalam penyelenggaraan mitigasi, adaptasi, penurunan emisi gas rumah kaca, penurunan dan penghapusan bahan perusak ozon, mobilisasi sumber daya, inventarisasi gas rumah kaca, monitoring, pelaporan dan verifikasi aksi mitigasi perubahan iklim serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Selengkapnya ...

Sekilas Ditjen PPI

Dokumen Perubahan Iklim

Berita Perubahan Iklim Terbaru

  • Cegah Karhutla di 2019, BPPIKHL Jabalnusra Melakukan Sosialisasi

    Mengawali tahun 2019, BPPIKHL Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra) berupaya mendorong masyarakat untuk bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah kegiatan sosialisasi di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yaitu Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta dan Desa Batur Selatan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali yang dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 8 Februari 2019). Sedangkan satu lokasi lagi akan dilakukan pada 12 s/d 14 Februari 2019 di Desa Kedungsari Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

  • Memperkuat Aksi Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan Bencana di Tingkat Tapak

    Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan USAID berupaya meningkatkan upaya-upaya adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan bencana melalui suatu program yang diberi nama APIK (Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan). APIK diimplementasikan di level nasional dan mengambil lokasi di 3 provinsi yaitu Maluku, Sulawesi Tenggara dan Jawa Timur. APIK di Jawa Timur fokus pada wilayah DAS Brantas dan melibatkan 7 Kabupaten/Kota yaitu Kab. Malang, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Blitar, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang, dan Kab. Sidoarjo.  

  • Desa Rawan Karhutla Raih Kategori Program Kampung Iklim Utama

    Warga Desa Dataran Kempas yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) meraih penghargaan Proklim dengan Kategori Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan ini berupa sertifikat yang diserahkan secara langsung oleh Balai PPIKHL Wil. Sumatera melalui Kadaops Manggala Agni Bukit Tempurung, Rinaldi, S.P., Kamis, (31/01/2019).

  • Manggala Agni Daops Rengat Laksanakan Kegiatan Patroli Mandiri Dan Sosialisasi Pasca Banjir

    Memasuki akhir musim penghujan dan sebagai persiapan menghadapi musim kemarau, Manggala Agni Daops Rengat mulai aktif dalam kegiatan Patroli Mandari dan Sosialisasi Pasca banjir. Kegiatan tersebut dilakukan di 4 desa rawan karhutla di Kecamatan Rengat Barat, Senin-Kamis (21-24/01/2019).

  • Manggala Agni Sigap Padamkan Karhutla di Sekitar Taman Habibie Batam

    Batam, Kebakaran lahan kembali melanda Kota Batam, Rabu (6/2/2019) siang. Kebakaran melahap habis lahan milik masyarakat yang berdekatan dengan Hutan Lindung Sekupang, tepatnya di Bukit Dangas, Kelurahan Patam Lestari, Sekupang. Personel Manggala Agni Daops Batam berjumlah 15 orang bersama personel dari BP Batam dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam diturunkan untuk memadamkan kebakaran. Setelah berjibaku selama 4 jam, api dapat dikendalikan dan kebakaran tidak semakin meluas.

  • Pengumuman Seleksi Konsultan Individual Program BioCarbon Fund plus-Initiative for Sustainable Forest Landscape (BioCF ISFL)

    Dalam rangka implementasi kegiatan BioCF ISFL, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengundang penyedia jasa konsultan individual untuk mengisi posisi .... 

  • Manggala Agni Muara Tebo Awali 2019 dengan Menerapkan Eco Daops

    Program Eco Daops di Daerah Operasi Manggala Agni Muara Tebo merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak pertengahan 2018 lalu. Kegiatan Eco Daops digalakkan untuk mendukung Program Kampung Iklim (Proklim).

Selengkapnya...


Galeri Video Perubahan Iklim

ayo kita jaga dampak perubahan iklim --

REDD+ dalam 72 tahun Indonesia --

FROM PARIS TO PEKAN NASIONAL PERUBAHAN IKLIM 2017 --

AYOOO PEDULI PERUBAHAN IKLIM - adaptasi dan mitigasi kewajiban kita semua - bumi kita hanyalah satu - ayo kita jaga --

AYOOO PEDULI PERUBAHAN IKLIM - adaptasi dan mitigasi kewajiban kita semua - bumi kita hanyalah satu - ayo kita jaga


Selengkapnya...


Agenda Perubahan Iklim

Selengkapnya...


Statistik Pengunjung

689426
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
593
811
7244
675538
15398
27185
689426

2019-02-16 18:13

Informasi Kontak

Telepon: +62 (21) 5730144
Faksimili: + 62 (21) 5720194
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kantor Utama

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Manggala Wanabakti Blok VII, 12th floor
Jl. Gatot Subroto, Senayan
Jakarta - Indonesia

Jejaring Sosial